1. SK/ KD

SILABUS

Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodic, dan ikata kimia
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat
1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsure, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsure dalam table periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi electron  Perkembangan table periodik unsur.  Mengkaji leteratur tentang perkembangan tabel periodik unsur dalam kerja kelompok.
 Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokkan unsur-unsur.  Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
 Menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur.  Jenis tagihan:
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
 Bentuk instrumen
Laporan tertulis penilaian sikap 2 Jam  Sumber
Bahan Kimia, Tabel periodik, Kartu unsur
 Bahan
Lembar
 Struktur atom  Mengkaji tabel perodik unsur untuk menentukan partikel dasar, konfigurasi electron, massa atom relatif
 Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja kelompok  Menentukan partikel dasar (proton, electron dan negron)
 Menentukan konfigurasi electron dan electron valensi
 Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
 Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton. 2 Jam
 Sifat fisik dan sifat kimia unsur
 Sifat keperiodikan unsur  Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metalloid.
 Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas electron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok.
 Menghubungkan keteraturanb sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas electron dan keelektronegatifan.  Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metalloid.
 Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, affinitas electron dan keelegronegatifan 2 Jam
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat
 Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan tori Atom Modern  Mengkaji literature tentang perkembangan teori atom (dirumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya)
 Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian.
 Menyimpulkan hasil pembelajaran  Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen. 2 jam
1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk Ikatan Kimia
 Kestabilan Unsur
 Struktur Lewis
 Ikatan ion dan ikatan kovalen  Menentukan unsur yang dapat melepaskan electron atau menerima electron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok
 Menggambarkan susunan electron valensi Lewis, melalaui diskusi kelas.
 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikiatan kovalen dalam diskusi kelas  Mejelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
 Menggambarkan susunan electron valensi atom gas mulia (duplet dan okted) dan electron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
 Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion.
 Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.  Jenis tagihan:
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
 Bentuk instrumen
Laporan tertulis, performans (kinerja dan sikap), tes tertulis. 3 jam • Sumber Buku Kimia
• Bahan lembar kerja, lapisan yang bersifat polar dan non polar
• Alat standar, buret, corong dan gelas kimia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s